The Best Stories And Sciens Was Here...!!!

10 HELIKOPTER TERCANGGIH DI DUNIA

Helikopter merupakan transportasi yang paling efektif digunakan untuk logistik, perang dan untuk misi penyelamatan. Dari awal kemunculannya pada Perang Dunia II, melalui Perang Vietnam dan sampai hari ini, helikopter telah banyak membantu untuk keperluan perang.

Berikut ini adalah daftar 10 helikopter tercanggih serang terbaik di dunia sampai saat ini. Penilaian ini didasarkan pada avionik, kelincahan, kekuatan dan kecepatannya. Inilah 10 helikopter serang terbaik dunia hingga saat ini.

10. Z-10.
Helikopter serang Z-10 diperkirakan memasuki wilayah China pada tahun 2008-2009. Heikopter Z-10 memiliki konfigurasi tempur standar dengan ukuran pesawat yang kecil dengan melangkah tandem cockpits. Posisi gunner berada di tempat duduk depan dan pilot berada di belakang. Senjata dari Z-10 terdiri dari 30 mm meriam, HJ-9 anti tank peluru kendali (setara dengan TOW-2A) dan baru dikembangkan HJ-10 rudal anti-tank (setara dengan AGM-114 Hellfire) dan TY-90 air-to-air missiles. Helikopter ini juga dapat membawa roket yang sudah tidak dioperasikan.

9. MI-24 Hind.
MI-24 adalah helikopter tempur dan helikopter serang dengan kapasitas rendah namun transportasi ini memiliki ruang yang cukup besar, yaitu bisa menampung hingga delapan penumpang. MI-24 merupakan helikopter pertama yang memberikan pelayanan dengan Angkatan Udara Rusia sebagai transportasi penyerangan dan tempur. MI-24 mirip dengan American AH-64 Apache, bedanya helikopter ini tidak mampu mengangkut hingga delapan tentara.

8. AH-2 Rooivalk.
 


Denel Rooivalk merupakan helikopter serang yang diproduksi oleh Denel Afrika Selatan. Rooivalk Afrikaans untuk "Red Kestrel". Pasukan udara Afrika Selatan beroperasi hanya pada 12 Denel AH-2 Rooivalk serangan helikopter. Meskipun terlihat seperti mesin baru, Rooivalk telah didasarkan pada tingkat  reverse engineering dari Aerospatiale Puma, menggunakan mesin yang sama dengan rotor utama.

7. AH-1W Super Cobra.
 

Bell AH-1 SuperCobra adalah helikopter serang bermesin ganda yang berdasar pada Angkatan Darat AH-1 Cobra. Jenis Cobra ini memiliki kembaran, yaitu AH-1J SeaCobra, AH-1T Improved SeaCobra dan AH-1W Super Cobra.

6. A-129/T-129 (Italy/Turkey).
 

 Agusta A129 Mangusta adalah helikopter serang yang pada awalnya dirancang dan diproduksi oleh Agusta di Italia. Ini merupakan serangan helikopter pertama yang dirancang dan diproduksi sepenuhnya di Eropa Barat. TAI/AgustaWestland T-129 ATAK adalah versi turunan dari A129 dan perkembangan selanjutnya diserahkan kepada Turkish Aerospace Industries (TAI) dengan AgustaWestland sebagai mitra utama.

5. AH-1Z Viper.
 

Bell AH-1Z Viper merupakan helikopter serang bermesin ganda yang berbasis AH-1W Super Cobra, yang dikembangkan untuk Korps Marinir Amerika Serikat. AH-1Z memiliki empat-blade, bearingless, komposit sistem utama rotor, transmisi uprated dan sistem target. AH-1Z merupakan pembaruan dari program H-1.

4. Eurocopter Tiger.
 

 Eurocopter Tiger merupakan helikopter serang yang diproduksi oleh Eurocopter. Di Jerman, helikopter ini dikenal dengan nama Tiger, di Prancis dan Spanyol disebut dengan Tigre. Tiger didukung oleh dua mesin turboshaft MTU Turbomeca Rolls-Royce MTR390.

3. MI-28H Havoc (Rusia).
 

MI-28 (NATO menyebutnya dengan 'Havoc') merupakan helikopter serang yang mampu bertahan di segala cuaca, siang-malam, memiliki tandem militer dan memiliki dua kursi anti-armor.

2. Kamov KA-50/KA-52.
 

 Kamov KA-50 “Black Shark” adalah helikopter serang milik Rusia yang hanya memiliki satu kursi dengan sistem rotor coaxial khas dari biro desain Kamov. Helikopter ini dirancang pada tahun 1980 dan diadopsi untuk layanan di tentara Rusia pada tahun 1995. Ka-50 dirancang dengan desain kecil, cepat dan gesit untuk meningkatkan survivabilitas dan mematikan. Memiliki berat dan ukuran minimum agar bisa mencapai kecepatan maksimum dan memiliki kelincahan. Helikopter ini terbilang unik karena hanya dioperasikan oleh satu orang pilot saja.

1. AH-64D Apache Long Bow.
 

Boeing AH-64 Apache dikenal sebagai helikopter serang dengan sistem anti-armor yang memiliki senjata tunggal paling kuat dalam Perang Teluk. Dirancang untuk melakukan misi tempur di malam hari dan dalam cuaca buruk sekalipun, Apache dirancang khusus untuk memenuhi tuntutan serangan dari helikopter Angkatan Darat AS. Apache dilengkapi dengan teknologi elektronik dan sistem pengendalian kebakaran. Apache dapat memuat 16 AGM-114 Hellfire Rudal, 76-70mm-lipat sirip roket udara atau kombinasi keduanya, dengan tambahan 1.200-30mm putaran untuk M230 meriam otomatisnya./Helikopter

0 Komentar untuk "10 HELIKOPTER TERCANGGIH DI DUNIA "

Back To Top